PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 1 DI SMA SARASWATI SERIRIT

Kusnita, Nia (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 1 DI SMA SARASWATI SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714041022-COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714041022-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041022- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041022-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714001022- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041022- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041022- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714041022- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X ips 1 SMA Saraswati Seririt dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ips 1. Penelitian ini menggunakan tes dan kuesioner (angket) dalam mencari data hasil dan minat belajar PPKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil dan minat belajar dari siklus 1 ke siklus II pada siswa kelas X ips 1 di SMA Saraswati Seririt. Hasil belajar pada siklus 1 sebesar 57,93 masuk dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 78,62 dalam kategori baik. Terjadinya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 20,69 %. Sedangkan untuk minat belajar dari siklus 1 ke siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 minat belajar siswa diperoleh sebesar 48,41 termasuk dalam kategori tinggi dan pada siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,03 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Terjadinya peningkatan minat belajar dari siklus 1 ke siklus II yakni sebesar 9, 62 %. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil dan Minat Belajar PPKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil, dan Minat Belajar PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: NIA KUSNITA
Date Deposited: 24 Jul 2021 06:11
Last Modified: 24 Jul 2021 06:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item