Juliantara, Kadek Dwiki (2021) EVALUASI PELAKSANAAN ASESMEN FORMATIF DAN TINDAK LANJUTNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMA NEGERI SE-KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011050-COVER.pdf Download (633kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011050-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011050-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengkaji perencanaan asesmen formatif, pelaksanaan asesmen formatif, dan tindaklanjutnya dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri se-Kota Singaraja; serta 2) mengetahui kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan asesmen formatif dalam pembelajaran matematika secara daring. Subyek penelitian meliputi guru-guru matematika di SMA Negeri se-Kota Singaraja yang ditentukan secara purposive sampling dengan jumlah 12 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Instrumen pendukung yang digunakan adalah daftar periksa (checklist) dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan asesmen formatif dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri se-Kota Singaraja dalam kategori amat baik tetapi kemampuan dalam menentukan alokasi waktu dan media yang variatif belum optimal, pelaksanaan asesmen formatif dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri se-Kota Singaraja dalam kategori baik. Beberapa hal yang perlu guru tingkatkan dalam pelaksanaan adalah proses bertanya, umpan balik, penilaian teman sejawat, dan penilaian diri. Tindak lanjut hasil pelaksanaan asesmen formatif dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri se-Kota Singaraja dalam kategori cukup. Hal ini terlihat dari kecenderungan guru dalam memberikan perbaikan dilakukan secara akumulasi di akhir semester. Kendala yang dialami guru dalam menerapkan asesmen formatif dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu kejujuran dan kemandirian peserta didik masih diragukan, waktu pembelajaran terbatas, dan penguasaan TIK dalam pembelajaran masih rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen formatif, evaluasi, pembelajaran matematika secara daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | KADEK DWIKI JULIANTARA |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:31 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6936 |
Actions (login required)
View Item |