Widyarthini, Komang (2021) Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011021-COVER.pdf Download (699kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011021-ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011021-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Media pembelajaran yang menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran adalah media e-learning. Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan rancangan media e-learning berbasis edmodo kelas VIII SMP dan (2) mengetahui validitas media e-learning berbasis edmodo menggunakan pendekatan saintifik kelas VIII SMP. Media e-learning yang dikembangkan adalah buku siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan tiga langkah pertama dari model 4D (Four-D). Tahap pendefinisian (define) merupakan tahapan untuk mendapatkan informasi terkait permasalahan umum pada materi matematika. Informasi yang diperoleh mengenai kesulitan dalam materi bangun ruang sisi datar. Tahap design dirancang media pembelajaran dengan membuat flowchart/diagram alir untuk memudahkan dalam membuat kegiatan pembelajaran. Pada tahap akhir yakni tahap develop yaitu dibangun prototype final yang sudah divalidasi oleh dua pakar. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket dengan menggunakan penilaian LORI (Learning Object Review Instrumen). Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas media e-learning. Media e-learning dinyatakan valid dengan hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata skor total didapatkan 4,8 dengan menggunakan skala 5. Skor tersebut masuk pada interval X≥4,08 dengan kriteria sangat baik sehingga media e-learning berbasis edmodo dinyatakan valid. Karakteristik buku siswa yaitu (1) Adanya video pembelajaran pada buku siswa (2) Adanya geogebra web pada buku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media e-learning, buku siswa, validitas, karakteristik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Widyarthini |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 23:30 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 23:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7079 |
Actions (login required)
View Item |