PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019/2020

Ariani, Komang (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061043-COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061043-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061043-LAMPIRAN.pdf

Download (535kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan penelitian model RDR (Research, Development, Research). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa Kelompok A Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Buleleng. Variabel yang diteliti yaitu instrument kemampuan mengenal lambang bilangan yang menjadi dasar dalam pembelajaran matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan dan dianalisis dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa validitas dan reliabilitas instrumen dikategorikan sangat baik. Hasil pada uji validitas ditunjukan dengan skor 0,91. Sedangkan untuk hasil dari uji reliabilitas ditunjukan dengan skor 0,81. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan guru dalam proses pembelajaran untuk anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Buleleng dalam mengenal konsep bilangan. Kata kunci: Instrumen penilaian, lambang bilangan, pendidikan anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Instrumen penilaian, lambang bilangan, pendidikan anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: KOMANG ARIANI
Date Deposited: 23 Jul 2021 08:58
Last Modified: 23 Jul 2021 08:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7115

Actions (login required)

View Item View Item