Putra, I Gusti Putu Yudiana (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 2 NEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021030-COVER.pdf Download (675kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021030-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021030-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik, (2) meningkatkan keterampilan berpikir kreatif fisika peserta didik, dan (3) mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap implementasi model project based learning dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I membahas materi alat-alat optik pada lensa cembung dan pada siklus II membahas lensa cekung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Negara tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 peserta didik. Objek penelitian ini adalah model project based learning, hasil belajar fisika peserta didik, keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan tanggapan peserta didik terhadap implementasi model project based learning. Implementasi model project based learning terdiri dari enam fase, yaitu : essential question, design project, create a schedule, monitor progress of project, assess the outcome, dan evaluate the experience. Data hasil belajar dan keterampilan berpikir kretaif diukur dengan tes esai 5 butir soal yang dilaksanakan setiap akhir siklus I dan II. Data tanggapan peserta didik terhadap implementasi model project based learning dikumpulkan melalui angket yang berjumlah 20 butir pertanyaan dengan menggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1)hasil keterampilan berpikir kreatif peserta didik siklus I adalah M = 56,55; SD = 7,95 dan pada siklus II adalah adalah M= 92,11; SD = 9,8, (2) hasil belajar fisika peserta didik pada siklus I adalah M = 59,33; SD = 10.05 dan pada siklus II adalah M= 94,33; SD = 8,83. hasil belajar fisika peserta didik dari siklu I ke siklus II terjadi peningkatan. Jadi model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif fisika peserta didik, dan (3) skor rata-rata tanggapan peserta didik terhadap implementasi model dalam pelajaran fisika adalah, M= 83.5; SD = 11.289 berada pada kategori positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, hasil belajar, dan keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I GUSTI PUTU YUDIANA PUTRA |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 07:10 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 07:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7216 |
Actions (login required)
View Item |