Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Project Based Learning Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SD

Jumaheni, I Gusti Ayu Irma Dewi (2021) Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Project Based Learning Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031175-COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031175-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031175-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031175-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031175-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berorientasi project based learning serta mengetahui validitas media animasi berorientasi project based learning pada tema selamatkan makhluk hidup untuk siswa kelas VI SD Negeri 1 Banjarasem. Pengembangan media video animasi ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu: 1) Analyze (analisis), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), dan 5) Evaluation (evaluasi). Akan tetapi, implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Media video animasi berorientasi Project Based Learning dijadikan sebagai subjek pada penelitian ini, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video animasi berorientasi Project Based Learning. Data validitas media diperoleh menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas media video animasi berorientasi Project Based Learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor ahli materi sebesar 4,79 dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata skor ahli desain sebesar 4,65 dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata skor ahli media sebesar 4,62 dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata skor uji perorangan sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat baik. Skor rata-rata uji kelompok kecil sebesar 4,74 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, hasil secara keseluruhan validitas media video animasi berorientasi Project Based Learning berada pada rentang 4,01 < X ≤ 5,01 dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan analisis tersebut, maka media video animasi berorientasi Project Based Learning pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media video animasi, Project Based Learning, selamatkan makhluk hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Irma Dewi Jumaheni
Date Deposited: 24 Jul 2021 08:49
Last Modified: 24 Jul 2021 08:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item