Yasa, I Made (2021) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER BERLANDASKAN FALSAFAH TRI HITA KARANA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS VI SD LAB UNDIKSHA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929091018-COVER.pdf Download (419kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929091018-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1929091018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929091018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929091018-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Yasa, I Made (2021), Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana Melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Tesis, Pendidikan IPS, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed. dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Margi, M. Si. Kata kunci: PTK; Tri Hita Karana; Pendidikan Karakter Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini yaitu kurang nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kearifan lokal sekitar sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Lab Undiksha. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan metode desktriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan aktivitas pembelajaran sesuai dengan nilai-nilai karakter berlandasakn falsafah tri hita karana dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil tes evaluasi pada data awal, dan hasil tes evaluasi siklus I. Hasil analisis dari tes evaluasi pembelajaran tematik data awal dari rata-rata nilai 59,19 dan ketuntasan belajar 38% mejadi nilai rata-rata 64,19 dan ketuntasan belajar 50% pada tes evaluasi siklus I. Pada hasil tes evaluasi pembelajaran tematik siklus II kembali ada perbaikan dengan meningkatnya nilai rata-rata menjadi 76,86 dengan ketuntasan belajar 75%. Pada tes evaluasi pembelajaran tematik siklus III kembali ada perbaikan dengan meningkatnya nilai rata-rata menjadi 84,89 dengan ketuntasan belajar 94%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar sudah mencapai ketuntasan yang diharapkan yaitu minimal 85% siswa mencapai nilai lebih besar atau sama dengan nilai KKM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PTK; Tri Hita Karana; Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | I Made Yasa |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 05:16 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 05:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7258 |
Actions (login required)
View Item |