Kusumawati, Ni Putu Yogi Sri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JINENGDALEM SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031152-COVER.pdf Download (921kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031152-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031152-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (88kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031152-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031152-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031152-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031152-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031152-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031152-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa didasari oleh kurangnya media pembelajaran yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran pada muatan IPA khususnya materi sumber daya alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development yang berpedoman dengan model Borg & Gall. Subjek pada penelitian ini yaitu seorang ahli materi pembelajaran, seorang ahli media pembelajaran, seorang ahli desain pembelajaran, dan uji lapangan persiapan (seorang guru dan 6 peserta didik). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari aspek materi pembelajaran, aspek media pembelajaran, dan aspek desain pembelajaran berkualifikasi sangat baik dengan persentase 96,1%. Dari aspek uji lapangan persiapan (guru dan peserta didik) media ini berkualifikasi sangat baik dengan persentase 97,4%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan pada muatan IPA khususnya materi sumber daya alam di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber daya alam, video pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yogi Sri Kusumawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7260 |
Actions (login required)
View Item |