Safitri, Novita (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA SMP KELAS VIII BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071039-COVER.pdf - Draft Version Download (613kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071039-ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1713071039-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1713071039-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1713071039-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071039-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1713071039-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071039-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya inovasi bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning pada materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik LKPD, menganalisis validitas LKPD dan menganalisis keterbacaan LKPD yang akan dikembangkan. Jenis penelitian ini R & D dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap ketiga (Development), karena keterbatasan waktu, biaya dan kondisi lingkungan yang masih mengalami pandemi Covid-19. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif, yang didapat dari hasil penilaian uji validasi dan hasil penilaian keterbacaan produk, dan data kualitaitif yang diperoleh dari hasil wawancara, saran dan komentar dari validator dan peserta didik. Analisis data yang digunakan berupa teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Uji validasi dilakukan oleh dua ahli dosen Prodi Pendidikan IPA dan dua praktisi guru IPA. Uji keterbacaan dilaksanakan secara terbatas oleh 5 orang peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian menemukan (1) Nilai validasi oleh para ahli adalah 0,88 yang menunjukkan kategori sangat valid, (2) Nilai validasi oleh praktisi adalah 1,00 yang dikategorikan sangat valid, dan (3) Nilai keterbacaan yang diperoleh adalah 4,8 yang dikategorikan sangat terbaca. Simpulan dari penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan, mampu memenuhi tingkat validitas dan keterbacaan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD IPA, Problem Based Learning, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Novita Safitri |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 18:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 18:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7290 |
Actions (login required)
View Item |