DEVELOPING ENGLISH INSTRUCTIONAL VIDEO USING SPARKOL VIDEOSCRIBE FOR 10TH GRADE STUDENTS IN SMAN 1 KUBU

Yudani, Ni Kadek Ari Okta (2021) DEVELOPING ENGLISH INSTRUCTIONAL VIDEO USING SPARKOL VIDEOSCRIBE FOR 10TH GRADE STUDENTS IN SMAN 1 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021222-COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021222-ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021222-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021222-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021222-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021222-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan video pembelajaran dengan mengaplikasikan Sparkol VideoScribe, sebuah aplikasi pembuat animasi serta menganalisis kualitas video pembelajaran yang sudah dikembangkan di SMAN 1 Kubu. Penelitian ini penting untuk dilakukan, karena dapat membantu guru Bahasa Inggris dalam membuat variasi dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan video pembelajaran serta menganalisis kualitas video pembelajaran tersebut apakah layak digunakan atau tidak. Pengembangan video pembelajaran mengikuti ADDIE model, yang mana menghasilkan tiga video pembelajaran untuk siswa kelas X di SMAN 1 Kubu. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah interview guide, checklist analysis form, observation sheet, questionnaire sheet, dan expert judgement rubric. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang sudah didesain dan dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik untuk membantu guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan mengetahui bagaimana pembuatanvideo pembelajaran, guru diharapkan mampu menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan bermanfaat di dalam pembelajaran tatap muka maupun online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desain, kualitas, mengembangkan, video pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ari Okta Yudani
Date Deposited: 24 Jul 2021 11:48
Last Modified: 24 Jul 2021 11:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item