Pramesti, Kadek Nesya Febi (2021) DEVELOPING INFOGRAPHICS AS ENGLISH TEACHING MEDIA FOR 7th OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021215-COVER.pdf Download (860kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021215-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021215-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021215-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021215-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021215-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan infografis sebagai media pengajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas 7 sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan penelitian Design and Development (DnD) yang diusung oleh Richey dan Klein (2005). Penelitian DnD terdiri dari tiga langkah, yaitu desain, pengembangan, dan evaluasi. Pra-observasi telah dilakukan di SMP N 4 Singaraja. Pada pra observasi ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran khususnya media visual masih monoton dalam proses belajar mengajar. PowerPoint adalah media visual yang paling banyak digunakan di kelas oleh guru bahasa Inggris di SMP N 4 Singaraja. Untuk membantu guru menggunakan media visual lainnya, peneliti mengembangkan infografis sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk kelas 7 SMP. Dalam mengembangkan infografis sebagai media pembelajaran, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah research’s note, media development blueprint, content expert evaluation sheet, dan media expert evaluation sheet. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka, analisis dokumen, dan expert judgment. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah sepuluh topik bahasa Inggris untuk siswa kelas 7 yang dirancang menjadi infografis. Perkembangan infografis didukung oleh platform Canva, Google Form, Google Classroom, dan QR code generator. Kualitas infografis dinilai menggunakan expert judgment oleh para ahli. Hasilnya adalah media infografis tergolong media yang baik. Guru bahasa Inggris diharapkan menggunakan berbagai media dan infografis dalam penelitian ini dalam kegiatan belajar mengajar. Infografis dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai media pelengkap di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | infografis, media pengajaran bahasa Inggris, visual media |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Nesya Febi Pramesti |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 07:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 07:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7481 |
Actions (login required)
View Item |