Krisnasari, Ni Ketut Eva (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041055-COVER.pdf Download (696kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041055-ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1713041055-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041055-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan HOTS siswa pada materi ekosistem kelas X. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 2 Banjar. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah kelas X MIPA yang terdiri dari 4 kelas, yaitu MIPA 1, MIPA 2, MIPA 3 dan MIPA 4, dan 1 kelas Bahasa Budaya, dimana kelas Bahasa Budaya juga terdapat mata pelajaran biologi. Sampel yang digunakan pada penelitian, yaitu kelas X MIPA 2 yang berjumlah 36 peserta didik yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan metode tes essay. Data dianalisis dengan uji deskriptif untuk mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, skor rata-rata atau mean dan simpangan baku. Uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample t-Test karena data berdistribusi normal dengan taraf signifikansi > 0,05 (5%). Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis daring dapat meningkatkan HOTS siswa pada materi ekosistem kelas X (nilai p=0,000).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing, HOTS, Daring, Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Eva Krisnasari |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 14:06 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 14:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7791 |
Actions (login required)
View Item |