IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 2 BANJAR

Krisnasari, Ni Ketut Eva (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041055-COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041055-ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (377kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1713041055-BAB 3 METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041055-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan HOTS siswa pada materi ekosistem kelas X. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 2 Banjar. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah kelas X MIPA yang terdiri dari 4 kelas, yaitu MIPA 1, MIPA 2, MIPA 3 dan MIPA 4, dan 1 kelas Bahasa Budaya, dimana kelas Bahasa Budaya juga terdapat mata pelajaran biologi. Sampel yang digunakan pada penelitian, yaitu kelas X MIPA 2 yang berjumlah 36 peserta didik yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan metode tes essay. Data dianalisis dengan uji deskriptif untuk mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, skor rata-rata atau mean dan simpangan baku. Uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dan uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample t-Test karena data berdistribusi normal dengan taraf signifikansi > 0,05 (5%). Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis daring dapat meningkatkan HOTS siswa pada materi ekosistem kelas X (nilai p=0,000).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, HOTS, Daring, Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Ketut Eva Krisnasari
Date Deposited: 26 Jul 2021 14:06
Last Modified: 26 Jul 2021 14:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7791

Actions (login required)

View Item View Item