Irmayanti, Koming (2021) Hubungan Sikap Ilmiah dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513021023-COVER.pdf Download (695kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021023-ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (439kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513021023-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (2) mendeskripsikan hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (3) mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan konsep diri dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tejakula dan SMA Negeri 2 Tejakula di Kecamatan Tejakula pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 166 siswa. Sampel berjumlah 116 siswa yang ditentukan secara proportional random sampling. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan kuesioner sikap ilmiah (reliabilitas kuesioner = 0,892), data konsep diri dikumpulkan dengan kuesioner konsep diri (reliabilitas kuesioner = 0,869), dan prestasi belajar fisika siswa dikumpulkan dengan tes objektif (reliabilitas tes = 0,801). Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif antara sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,251. Sumbangan efektif sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa sebesar 3,31%, (2) terdapat hubungan positif antara konsep diri dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,455. Sumbangan efektif konsep diri dan prestasi belajar fisika siswa sebesar 18,69%, (3) terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara sikap ilmiah dan konsep diri dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,470. Sumbangan efektif sikap ilmiah dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika siswa sebesar 22,00%. Kata Kunci: sikap ilmiah, konsep diri, prestasi belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap ilmiah, konsep diri, prestasi belajar fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Koming Irmayanti |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 05:49 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 05:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8050 |
Actions (login required)
View Item |