Hubungan Sikap Ilmiah dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2020/2021

Irmayanti, Koming (2021) Hubungan Sikap Ilmiah dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021023-COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021023-ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021023-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (2) mendeskripsikan hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, (3) mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan konsep diri dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tejakula dan SMA Negeri 2 Tejakula di Kecamatan Tejakula pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 166 siswa. Sampel berjumlah 116 siswa yang ditentukan secara proportional random sampling. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan kuesioner sikap ilmiah (reliabilitas kuesioner = 0,892), data konsep diri dikumpulkan dengan kuesioner konsep diri (reliabilitas kuesioner = 0,869), dan prestasi belajar fisika siswa dikumpulkan dengan tes objektif (reliabilitas tes = 0,801). Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) terdapat hubungan positif antara sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,251. Sumbangan efektif sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa sebesar 3,31%, (2) terdapat hubungan positif antara konsep diri dan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,455. Sumbangan efektif konsep diri dan prestasi belajar fisika siswa sebesar 18,69%, (3) terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara sikap ilmiah dan konsep diri dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Tejakula, dengan koefisien korelasi sebesar 0,470. Sumbangan efektif sikap ilmiah dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika siswa sebesar 22,00%. Kata Kunci: sikap ilmiah, konsep diri, prestasi belajar fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sikap ilmiah, konsep diri, prestasi belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Koming Irmayanti
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:49
Last Modified: 28 Jul 2021 05:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8050

Actions (login required)

View Item View Item