Hubungan Minat Baca Dan Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Selemadeg Timur Tahun Ajaran 2020/2021

Aryandani, Ni Made Sintya (2021) Hubungan Minat Baca Dan Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Selemadeg Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031268-COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031268-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711031268-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711031268-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711031268-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031268-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711031268-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031268-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031268-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan minat baca dan keterampilan membaca bahasa Indonesia, serta peran orang tua di masa pandemi COVID-19 dan keterampilan membaca bahasa Indonesia serta minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 dan keterampilan membaca bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian expost-facto. Seluruh populasi penelitian digunakan sebagai sampel yaitu 49 siswa kelas V. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh (1) Terdapat hubungan yang signifikan minat baca dan keterampilan membaca bahasa Indonesia dengan rx1y = 0,706 dengan koefisien determinasi sebesar 49,8%; (2) Terdapat hubungan yang signifikan peran orang tua di masa pandemi COVID19 dan keterampilan membaca bahasa Indonesia dengan rx2y = 0,805 dengan koefisien determinasi sebesar 64,7%; (3) Secara simultan, terdapat hubungan yang signifikansi minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 terhadap keterampilan membaca Bahasa Indonesia dengan rx1x2y = 0,805 dengan koefisien determinasi sebesar 65,9%. Hal tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan minat baca dan keterampilan membaca bahasa Indonesia, terdapat hubungan yang signifikan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 dan keterampilan membaca bahasa Indonesia, serta secara simultan terdapat hubungan yang signifikan minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 terhadap keterampilan membaca bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Selemadeg Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan demikian diketahui bahwa minat baca dan peran orang tua di masa pandemi COVID-19 dapat mempengaruhi keterampilan membaca bahasa Indonesia yang dimiliki oleh siswa. Untuk meningkatkan keterampilan membaca anak, disarankan agar lebih memperhatikan minat baca dan peran orang tua khususnya ketika proses belajar dari rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat baca, peran orang tua di masa pandemi COVID-19, keterampilan membaca bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Sintya Aryandani
Date Deposited: 28 Jul 2021 09:28
Last Modified: 28 Jul 2021 09:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item