Susanti, Ni Wayan Sri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIECEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1829091019-COVER)
1829091019-Cover.pdf Download (664kB) |
|
Text (1829091019-ABSTRAK)
1829091019-Abstrak.pdf Download (258kB) |
|
Text (1829091019-BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091019-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (313kB) |
|
Text (1829091019-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091019-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (1829091019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091019-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (1829091019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091019-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (1829091019-BAB 5 PENUTUP)
1829091019-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (1829091019-DAFTAR PUSTAKA)
1829091019-Daftar Pustaka.pdf Download (259kB) |
|
Text (1829091019-LAMPIRAN)
1829091019-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Sejarah; 2) pada siswa yang memiliki hasil belajar tinggi, apakah terdapat perbedaan minat belajar Sejarah yang signifikan antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Konvensional; 3) pada siswa yang memiliki hasil belajar rendah, apakah terdapat perbedaan minat belajar Sejarah yang signifikan antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Konvensional. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Denpasar. Sampel sebanyak 40 siswa diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Rancangan penelitian ini adalah post test only control group design. Data hasil belajar Sejarah dikumpulkan dengan tes pilihan ganda, dan data minat belajar dikumpulkan dengan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MANOVA. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dalam pelajaran Sejarah dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Sejarah siswa. 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar Sejarah siswa yang memiliki hasil belajar tinggi ketika mereka diberikan perlakukan menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional. 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar Sejarah siswa yang memiliki hasil belajar rendah ketika mereka diberikan perlaku menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Strategi Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Sri Susanti |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 11:17 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 11:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8189 |
Actions (login required)
View Item |