PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA SD KELAS IV PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN

Upadani, Ni Made (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA SD KELAS IV PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031194-COVER.pdf

Download (654kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031194-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031194-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031194-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031194-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031194-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031194-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031194-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031194-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu: analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap analisis, perencanaan, dan pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena pada penelitian ini hanya berfokus pada pengembangan produk. Subjek penelitian ini adalah media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV pada tema 4 berbagai pekerjaan. Objek dari penelitian ini adalah validitas media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis yang dikembangkan. Metode kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini sebagai metode pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen sebagai ahli materi, 2 orang dosen sebagai ahli media, 2 orang guru sebagai respon praktisi, dan 10 siswa sebagai respon siswa. Untuk mengukur tingkat validitas media fun thinkers menggunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian media dari ahli materi dan ahli media. Data yang di dapat kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean bertujuan untuk mengetahui rata-rata skor validitas media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis. Nilai rata-rata validitas media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis yang memperoleh rata-rata skor sebesar 4,93 dengan kualifikasi sangat valid dari segi ahli materi, memperoleh rata-rata skor sebesar 4,58 dengan kualifikasi sangat valid dari segi ahli media, memperoleh persentase sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik dari segi respon praktisi, serta memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik dari segi respon siswa. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa media fun thinkers berbasis soal berpikir kritis untuk siswa SD kelas IV tema 4 berbagai pekerjaan yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media fun thinkers, berpikir kritis, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Upadani
Date Deposited: 04 Sep 2021 02:47
Last Modified: 04 Sep 2021 02:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8226

Actions (login required)

View Item View Item