Oktariani, I Putu Deby (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711011016-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011016-ABSTRAK.pdf Download (516kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011016-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Studi pengembangan ini tujuannya untuk menguji keberterimaan serta kefeektifan panduan konseling behavioral teknik modeling berbasis website untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Panduan ini sebagai pedoman bagi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling secara online. Studi ini dilaksanakan mengikuti model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Subjek penelitian ini melibatkan 3 ahli/pakar yakni 2 dosen bimbingan konseling FIP Undiksha dan 1 guru BK yang menilai sistem konseling secara teoretis serta melibatkan 30 orang siswa sebagai responden uji coba terbatas keefektifan sistem konseling. Instrumen penilaian yang dipakai terdiri dari 14 butir pernyataan yang diperoleh melalui skala AAF oleh Suranata & Ifdil. Analisis data penilaian terkait keberterimaan sistem konseling dari ahli/pakar dihitung memakai perhitungan Content Validity Ratio (CVR). Tanggapan 30 siswa peserta uji coba terbatas terhadap keberterimaan, kemudahan akses dan kebermanfaatan konseling behavioral teknik modeling berbasis website ini dihitung dalam bentuk deskriptif persentase. Hasil validitas isi (CVI) sebesar 1 yang menampakkan panduan konseling behavioral teknik modeling yang dikembangkan sangat baik atau memenuhi kriteria kelayakan. Uji efektivitas panduan dalam penelitian ini memakai metode kelompok tunggal dipakai sebelum dan sesudah tes. Uji efektivitas ini memakai uji t, hasil dari uji t diperoleh thitung = 8,33 dan ttabel = 2,04 yang berarti nilai ttabel<thitung, berdasarkan hasil tersebut dapat disintesiskan bahwasanya pengembangan panduan konseling behavioral teknik modeling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Modeling, 4D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | I Putu Deby Oktariani |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 01:29 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 01:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8312 |
Actions (login required)
View Item |