PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Suputra, Ketut Asta (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1711011003-COVER.pdf

Download (560kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011003-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji keberterimaan (acceptebillity) dan mengetahui efektivitas panduan konseling berbasis website dalam meningkatkan minat belajar pada siswa. Pedoman ini sebagai instrumen untuk guru BK ketika mengadakan pelayanan bimbingan konseling di sekolah. Langkah dalam pengembangan studi ini mengacu pada model pengembangan 4D yang dijelaskan Thiagarajan (1974) yang membatasi hanya dalam uji validitas isi. Terdapat 3 orang pakar dan praktisi bimbingan dan konseling yang telah menguji kelayakan pedoman ini. Instrumen yang dipergunakan untuk menilai mencakup dari 14 item yang yang digunakan dalam keterimaan buku panduan. Analisis perolehan mempergunakan formulasi dengan menghitung content validity ratio menurut Lawshe (1975). Perolehan analisis sebagai hasil menyatakan validasi ahli buku panduan model konseling behavioral mempunyai indeks validitas isi (CVI) yakni senilai 1, yang bisa diartikan sangat baik ataupun istimewa. Berdasar pada hasil itu dengan begitu buku panduan konseling behavioral melalui teknik self management berbasis website dalam usaha memberi peningkatan minat belajar peserta didik yang diperkembangkan pada studi ini sudah mencukupi kriteria layak dalam upaya dipergunakannya sebagai instrumen pada pelaksanaan layanan bimbingan konseling. Uji coba efektivitas panduan diujikan terhadap 30 siswa. Hasil pre-test dan post-test yang dianalisis mempergunakan metode one group paired sample t-test dengan program SPSS menunjukkan bahwa panduan konseling behavioral dengan teknik self-management berbasis website efektif meningkatkan minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: panduan, konseling behavioral, minat belajar, 4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ketut Asta Suputra
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:30
Last Modified: 07 Oct 2021 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8313

Actions (login required)

View Item View Item