Yanti, Ni Wayan Novi (2021) KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN KERANGKA TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA PENGAJARAN EKONOMI DI SMA SE-KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1717011041-COVER.pdf Download (506kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1717011041-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1717011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1717011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1717011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1717011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1717011041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1717011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1717011041-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan guru ekonomi dalam menerapkan TPACK pada pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengukur kesiapan guru ekonomi dalam menerapkan kerangka Technological Pedagogical and Content Knowledge di SMA se-Kecamatan Buleleng. Subjek Penelitian ini adalah guru ekonomi di SMA se-Kecamatan Buleleng baik Negeri maupun Swasta yang berjumlah 18 guru. Objek penelitian ini adalah TPACK, dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner dipergunakan untuk memperoleh data tentang kesiapan guru ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif menggunakan model ELR Aydin & Tasci Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ekonomi di SMA se-Kecamatan Buleleng sudah siap dalam menerapkan kerangka TPACK dalam mengajar, hal ini ditunjukkan dengan tingkat rata-rata skor adalah sebesar 3.87 lebih tinggi dari tingkat kesiapan yang diharapkan yaitu Mo=3.40. Namun, perlu sedikit peningkatan pada dimensi Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), Technological Content Knowledge (TCK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan, Guru Ekonomi, TPACK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN NOVI YANTI |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 05:49 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 05:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8324 |
Actions (login required)
View Item |