PUTRA, KADEK SURYA ADI (2019) Pengaruh Model Pembelajara Cooperative Script Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (cover)
1511031388-COVER.pdf Download (584kB) |
|
Text (abstrak)
1511031388-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (bab 1)
1511031388-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (bab 2)
1511031388-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
1511031388-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
1511031388-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
1511031388-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text
1511031388-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
1511031388-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V semester genap SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan design non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 2 Selat sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas V SDN 4 Selat berjumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Perolehan rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 32,44 yang berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol adalah 18,82 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 15,670 dan ttabel 2,000. Hal ini menunjukkaan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V semester genap SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Cooperative Script, hasil belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Script, Hasil Belajar, petapikiran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Surya Adi Putra |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 10:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 10:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/834 |
Actions (login required)
View Item |