PENGARUH PEMBELAJARAN PJOK MELALUI DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Saputra, I Wayan Raka (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN PJOK MELALUI DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829121008-COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829121008-ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829121008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829121008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829121008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829121008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829121008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829121008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829121008-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui pengaruh pembelajaran daring melalui google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Kuta Tahun Pelajaran 2020-2021. (b) mengetahui pengaruh pembelajaran daring melalui google classroom terhadap berpikir kritis peserta didik didik SMA Negeri 1 Kuta Tahun Pelajaran 2020-2021. (c) mengetahui pengaruh pembelajaran daring melalui google classroom terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik didik SMA Negeri 1 Kuta Tahun Pelajaran 2020- 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen (true experiment) dimana penelitian bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara menggunakan satu atau lebih kelompok eksperimental dengan satu atau lebih kondisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kuta, tahun pelajaran 2020/2021, berjumlah 318 orang. Menggunakan teknik simple sampling atau sampel acak sederhana, didapatkan 72 orang sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan; hasil uji sample paired t test diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) dari pretest-posttest kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki nilai 0.000 yang lebih kecil dari nilai 0.05, dengan demikian berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pre test kelas eksperimen dan post test kelas eksperimen, demikian pula dengan perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pre test kelas kontrol dan post test kelas kontrol. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring melalui google classroom terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kuta tahun pelajaran 2020/2021. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring melalui google classroom terhadap berpikir kritis pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kuta tahun pelajaran 2020/2021.(3) Terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran PJOK daring melalui google classroom terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kuta tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, PJOK, google classroom, motivasi belajar, berpikir kritis.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I Wayan Raka Saputra
Date Deposited: 13 Oct 2021 23:18
Last Modified: 13 Oct 2021 23:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item