PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI MEMBACA LEVEL 2 UNTUK SISWA KELAS 4 SD

Andikayana, Dewa Made (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) LITERASI MEMBACA LEVEL 2 UNTUK SISWA KELAS 4 SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041011-COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041011-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1929041011-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1929041011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929041011-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041011-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1929041011-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan unsur-unsur setiap langkah pengembangan instrumen AKM literasi membaca level 2; 2) mengetahui dan mendeskripsikan validitas isi pengembangan instrumen AKM literasi membaca level 2; 3) mengetahui dan mendeskripsikan validitas empiris pengembangan instrumen AKM literasi membaca level 2; 4) mengetahui dan mendeskripsikan reliabilitas empiris pengembangan instrumen AKM literasi membaca level 2 untuk siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) berdasarkan model pengembangan yang dikemukakan oleh Mardapi yang terdiri dari 7 langkah. Data yang dikumpulkan merupakan data kemampuan literasi membaca siswa yang diperoleh melalui ujicoba soal instrumen AKM literasi membaca level 2 yang dikhususkan untuk siswa kelas 4 SD. Data validitas isi, validitas empiris, dan reliabilitas yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan rumus Gregory, Product Moment, dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) untuk instrumen AKM literasi membaca level 2, berdasarkan uji para ahli ditemukan nilai CV=1 termasuk dalam kategori validitas isi sangat tinggi. 2) Untuk uji validitas empiris baik subyek secara terbatas ataupun yang lebih luas, seluruh 30 butir soal memperoleh hasil nilai rhitung > rtabel. 3) Untuk uji reliabilitas dari instrumen AKM literasi membaca level 2 ini ditemukan nilai perhitungan reliabilitas dengan Alpha Cronbach sebesar 0.971 yang berada pada kriteria 0,80 < 1,00 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen AKM literasi membaca level 2 yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Asesmen Kompetensi Minimum, Kemampuan Literasi Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: DEWA MADE ANDIKAYANA
Date Deposited: 14 Oct 2021 12:32
Last Modified: 14 Oct 2021 12:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item