PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER SELF-AUTONOMY PADA MASA PRA REMAJA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA

Madyana, I Made Satya (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER SELF-AUTONOMY PADA MASA PRA REMAJA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011026-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011026-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011026-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen dan menguji validitasnya sehingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur karakter kemandirian pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Instrumen self autonomy ini merupakan alat ukur bagi guru Bimbingan Konseling di sekolah untuk memberikan layanan yang sesuai dalam mengembangkan karakter kemandirian pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Brog and Gall yaitu 10 tahapan pengembangan dari yang terdiri dari 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, dan 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Masal. Pengujian validitas melibatkan lima orang pakar dan praktisi bimbingan konseling untuk menilai kelayakan instrumen yang dikembangkan yang terdiri dari 30 item pernyataan yang mengacu pada kisi-kisi instrumen yang telah disusun. Sedangkan pengujian ini menggunakan teknik random sampling atau sampel acak yang melibatkan 65 responden siswa kelas VIII SMPN 6 Singaraja dan penyebaran instrumennya melalui google form. Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner diukur dengan skala likert. Berdasarkan analisis data menggunakan uji validitas, uji validitas empirik dan uji reliabilitas, maka instrumen self autonomy untuk siswa SMP yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas serta termasuk kedalam kategori validitas dan reliabilitas tinggi dengan nilai validitas 0,80 dan reliabilitas 0,950. Sehingga dapat disimpulkan instrument self autonomy untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat dikatakan layak untuk mengukur karakter kemandirian pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter Kemandirian, Self-Autonomy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I MADE SATYA MADYANA
Date Deposited: 18 Oct 2021 00:56
Last Modified: 18 Oct 2021 00:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item