MAHAPRADIPTA, Dewa Putu Widya (2019) PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031428-Cover.pdf Download (701kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031428-Abstrak.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031428-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031428-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031428-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031428-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031428-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1511031428-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031428-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019 Oleh : Dewa Putu Widya Mahapradipta, 1511031428 Jurusan Pendididkan Guru Sekolah Dasar ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Circuit Learning Berbantuan Media Flash Card terhadap kompetensi pengetahuan IPS di siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalent control grup desin. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh kelas IV SDN Gugus 1 Kuta Utara 2018/2019 yang terdiri dari 7 SD atau 13 kelas berjumlah 412 orang siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yang dirandom adalah kelasnya, sampel penelitian ini adalah kelas IVB SDN 3 Dalung sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas IVB SDN 1 Dalung sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 40 orang siswa. Data kompetensi pengetahuan IPS siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 40 soal yang sudah divalidasi. Nilai gain score ternormalisasi dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 4,295 > ttabel = 2,000 pada tataf signifikan 5% (ɑ=0,05, dk=69). Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Circuit Learning Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS kelas IV SDN Gugus 1 Kuta Utara 2018/2019. Untuk peneliti yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan. Kata kunci: Circuit Learning, Flash Card, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Circuit Learning, Flash Card, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Putu Widya Mahapradipta |
Date Deposited: | 27 Oct 2019 04:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2019 04:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/846 |
Actions (login required)
View Item |