RESTIANI, LUH (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAHLUK HIDUP KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041002-COVER.pdf Download (170kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041002-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041002-BAB 1 PENDAHULUAN-.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041002-BAB 2 KAJIAN TEORI-.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN-.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Restiani, Luh (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar IPA Tema 3 Peduli Terhadap Mahluk Hidup Kelas IV SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I : Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S,Kons dan Pembimbing II: Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: Instrumen, keterampilan, berpikir kreatif, dan hasil belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh instrumen keterampilan berpikir kreatif dan instrumen hasil belajar IPA yang valid dan reliabel . Jenis penelitian berupa Research dan Develeopment (R&D). Di kembangkan menggunakan model 4D yang terdiri, define, design, develop dan disseminate. Tahap disseminate tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi covid-19. Metode pengumpulan data yang diguankan yaitu tes dan non tes. Validitas diukur menggunakan uji ahli dan praktisi sebanyak 2 dosen dan 3 guru. Metode analisi data pada penelitian ini yaitu validitas isi dan reliabilitas expert. Data validitas dianalisi dengan CVR dan CVI, sedangkan reliabilitas dianalisis dengan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) istrumen keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,67 berada pada kategori baik (Tinggi). (2) instrumen hasil belajar IPA yang di kembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,83 berada pada kategori sangat baik (sangat Tinggi). (3) instrumen keterampilan berpikir kreatif memenuhi syarat reliabilitas Expert dengan nilai 0,83 dengan kategori sangat tinggi (sangat baik).(4) instrumen hasil belajar IPA yang di kembangkan memenuhi syarat reliabilitas exspert dengan nilai 0,81 dengan kategori sangat tinggi (sangat baik).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, keterampilan, berpikir kreatif, dan hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | LUH RESTIANI |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 13:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8733 |
Actions (login required)
View Item |