Suwarnisi, Ni Made (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN MASALAH AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 UBUD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011007-COVER.pdf Download (467kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011007-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011007-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Suwarnisi, Ni Made (2021), Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Bermuatan Masalah Autentik Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ubud. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. Kata-kata kunci: Video Pembelajaran Interaktif, Masalah Autentik, Minat Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif bermuatan masalah autentik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A-1 SMP Negeri 1 Ubud. Data mengenai video pembelajaran yang valid pada penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi dari dua orang validator. Data mengenai keefektifan video pembelajaran diperoleh melalui hasil angket minat belajar matematika dan tes prestasi belajar matematika. Pengembangan penelitian ini melalui lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Karakteristik dari video pembelajaran yang dikembangkan mengandung unsur interaktif dan bermuatan masalah autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang dihasilkan merupakan video yang valid dengan berdasarkan penilaian validator yaitu dengan rata-rata skor 3,63 dari skor maksimum 4,0 sehingga layak digunakan dan video yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika dengan nilai angket minat belajar matematika siswa menunjukkan bahwa minat siswa tinggi dengan rata-rata skor 2,97 dari skor maksimum 3,0. Serta tes prestasi belajar matematika siswa memperoleh rata-rata 78,88 dari skor maksimum 100 yang tergolong kategori tuntas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, Masalah Autentik, Minat Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Made Suwarnisi |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8745 |
Actions (login required)
View Item |