Lusyaningsih, Ni Komang Try (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBASIS DARING TERHADAP HOTS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI SMA DWIJENDRA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041044-COVER.pdf Download (653kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041044-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041044-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui profil HOTS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery-inquiry serta (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery-inquiry terhadap HOTS siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Sampel penelitian sebanyak satu (1) kelas yaitu kelas XI MIPA U1 di SMA Dwijendra Denpasar dengan pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Data didapatkan dengan menggunakan instrumen tes soal essay yang terdiri dari 8 item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) nilai profil HOTS siswa kelas XI MIPA U1 yaitu sejumlah 12 siswa mencapai cukup, sejumlah 11 siswa mencapai kategori kurang, sedangkan pada kategori sangat baik lebih rendah yaitu sebanyak 3 siswa mencapai kategori sangat baik dan sebanyak 7 siswa mencapai kategori baik, (2) nilai indeks efektivitas dan nilai uji proporsi masing masing mendapatkan hasil sebesar 66% untuk indeks efekivitas dan -1,53 untuk hasil uji proporsi. Simpulan yang dapat disampaikan yaitu model pembelajaran discovery-inquiry berbasis daring tidak efektif terhadap HOTS siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery-inquiry, HOTS, efektivitas, implementasi, berbasis daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG TRY LUSYANINGSIH |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 01:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8756 |
Actions (login required)
View Item |