Damayanti, Made Nia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS I KECAMATAN SAWAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511061052-COVER.pdf Download (508kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511061052-ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511061052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511061052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511061052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511061052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511061052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511061052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511061052-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran pakem terhadap keterampilan proses sains kelompok B di Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan penelitian yaitu post-test only control group desigen. Populasi dalam peneltian ini yaitu seluruh anak kelompok B TK Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penetuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pada akhir penelitian kelompok eksperimen dan kontrol diberikan post-test keterampilan proses sains dengan menggunakan rubrik penelitian obsrvasi. Data hasil post-test dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji hipotesis menggunakan analisis uji-t. berdasarkan hasil yang diperoleh thitung = 5,55 dan ttabel = 2,06. Sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 44 diperoleh nilai ttabel = 2,06 sehingga thitung5,55 > ttabel = 2,06. Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga hasil terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran pakem terhadap keterampilan proses sains kelompok B di Taman Kanak-Kanak Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil rata-rata keterampilan proses sains kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (75>68). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pakem berpengaruh terhadap keterampilan proses sains pada anak kelompok B TK Gugus I Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Saran bagi sekolah agar memberikan model pembelajaran pakem secara berkelanjutan tentang model dan media pembelajaran yang kreatif. Bagi peserta didik dalam model pakem diharapkan untuk aktif dan melakukan kegiatan pembelajaran agar dapat mempengaruhi perkembangan sesuai dengan aspek-aspek perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran pakem, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Made Nia Damayanti |
Date Deposited: | 27 Oct 2019 11:33 |
Last Modified: | 27 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
View Item |