PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Simbolon, Natalina (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021011-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021011-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (818kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (838kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021011-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh Natalina Simbolon, NIM 1711021011 Prodi Teknologi Pendidikan ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran prakarya siswa kelas VIII di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2020/2021, dan 2) mengetahui validitas media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran prakarya siswa kelas VIII di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, 6 orang siswa uji coba kelompok kecil. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, 1) wawancara, 2) pencatatan dokumen, dan 3) metode kusioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, 1) proses pengembangan produk media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran prakarya dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu, a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap pengembangan, d) tahap implementasi, dan e) tahap evaluasi, 2) hasil validitas produk dikatakan valid dengan masing- masing penilaian, a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan persentase 97,5% dengan kategori sangat baik, b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 88,57% dengan kategori baik, c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 84,44% dengan kategori baik, d) hasil review uji coba perorangan dengan persentase 93,33% dengan kategori sangat baik, e) hasil review uji coba kelompok kecil dengan pesentase 94,58% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, media interaktif pembelajaran prakarya ini layak digunakan sebagi sumber belajar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Interaktif, Prakarya, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Interaktif, Prakarya, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: NATALINA SIMBOLON
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:53
Last Modified: 21 Oct 2021 08:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item