Ardana, I Putu (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING DI SMP NEGERI 2 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071004-COVER.pdf Download (695kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071004-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1713071004-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071004-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SMP Negeri 2 Melaya yang meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran serta faktor penghambatnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan lima guru mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring di SMP Negeri 2 Melaya dari perencanaan, proses, dan evaluasi sebagian besar telah sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan pelaksanaan pembelajaran daring berdasarkan pedoman dengan temuan dilapangan memiliki tingkat tidak terlaksana lebih kecil daripada tingkat terlaksananya. Meski demikian masih beragam kendala yang dialami guru maupun siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Faktor penghambat dalam pembelajaran IPA secara daring yaitu siswa dan guru mata pelajaran IPA, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam pembelajaran daring. Tetapi faktor penghambat yang paling berpengaruh adalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Pembelajaran IPA, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Putu Ardana |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 00:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8836 |
Actions (login required)
View Item |