PENGEMBANGAN MODUL PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL BALI UNTUK SISWA KELAS IV SD

Sintamiati, Ni Nyoman Devi (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP BERMUATAN KEBUDAYAAN LOKAL BALI UNTUK SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031012-COVER.pdf

Download (599kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031012-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031012-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar modul Peduli Terhadap Makhluk Hidup Bermuatan Kebudayaan Lokal Bali untuk Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian dengan model pengembangan ADDIE dengan hanya sampai pada tahap develovment saja dikarenakan adanya pandemic covid-19. Subjek penelitian ini merupakan bahan ajar berupa modul cetak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode kuesioner dengan instrument yang digunakan untuk mengetahui validitas bahan ajar modul yaitu rating scale berupa lembar penilaian yang diberikan kepada ahli, praktisi, dan siswa. Berdasarkan penilaian dari ahli isi materi pembelajaran, modul memiliki presentase sangat baik (96%). Berdasarkan penilaian dari ahli media/desain pembelajaran, modul memiliki presentase sangat baik (95,3%). Berdasarkan penilaian dari praktisi modul memiliki presentase sangat baik (96%) dan berdasarkan penilaian dari respon siswa dengan uji coba perorangan, modul memiliki presentase sangat baik (94,5%). Sehingga dari analisis tersebut, bahan ajar modul Peduli Terhadap Makhluk Hidup Bermuatan Kebudayaan Lokal Bali untuk Siswa Kelas IV SD dinyatakan valid dan memiliki kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, modul, kebudayaan lokal Bali, model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Devi Sintamiati
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:20
Last Modified: 19 Oct 2021 08:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item