PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 CUACA UNTUK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Izzaturahma, Elza (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 CUACA UNTUK SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021007-COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021007-ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media video animasi pada pelajaran tema 5 cuaca untuk siswa kelas III di SD Negeri 1 Banjar Bali tahun pelajaran 2020/2021, dan mendeskripsikan validitas media video animasi pada pelajaran tema 5 cuaca untuk siswa kelas III di SD Negeri 1 Banjar Bali tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan addie yaitu: tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Objek penelitian ini yaitu satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, satu ahli isi pembelajaran, tiga orang siswa uji coba perorangan, dan sembilan orang siswa uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis validitas produk yang dilakukan oleh: (a) uji ahli desain pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 88% dengan kualifikasi baik, (b) uji ahli media pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 95% dengan kualifikasi sangat baik, (c) uji ahli isi pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 94% dengan kualifikasi sangat baik, (d) uji coba perorangan dengan persentase tingkat pencapaian 93,34% kualifikasi sangat baik, dan (e) uji coba kelompok kecil dengan persentase tingkat pencapaian 92,94% kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pengembangan video animasi untuk pembelajaran tema 5 pada kualifikasi sangat baik. Diharapkan video animasi dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tematik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, video animasi, tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Elza Izzaturahma
Date Deposited: 20 Oct 2021 16:57
Last Modified: 20 Oct 2021 16:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item