PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD DI GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Goestiani, Ni Made Radha Dwi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD DI GUGUS IX KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031286-COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031286-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031286-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031286-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031286-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031286-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031286-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031286-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031286-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kurangnya kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa membuat pembelajaran menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya suatu pengembangan media yang cocok dalam suatu pembelajaran. Salah satunya adalah media pop-up book. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pop-up book pada topic daur hidup hewan. Model yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan-tahapan yang dilaksanakan yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluation (evaluasi). Namun, adanya keterbatasan finansial, waktu, tenaga, dan sumber daya dikarenakan adanya virus covid 19 menjadikan penelitian ini hanya sampai dengan tahap implementation. Subjek penelitian ini 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, dan 5 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode data observasi yang diambil dari validitas isi, respons guru dan respon siswa. Data dianalisis dengan rumus indeks validitas Aiken. Hasil validitas yang diperoleh sebesar 0.89 dengan kriteria “validitas tinggi”. Dari penilaian ahli desain mendapatkan skor 0.90, ahli media 0.91, Sedangkan skor penilaian para responden menggunakan rumus mean memperoleh rata-rata 4.85 dari respons praktisi 4.80 dari respons siswa. Jadi, media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan skor 0,9. Implikasi pada penelitian ini adalah Media pop-up book dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran oleh guru jika guru merancang pembelajaran berbasis permainan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pop-up book, Daur hidup hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Radha Dwi Goestiani
Date Deposited: 20 Oct 2021 17:12
Last Modified: 20 Oct 2021 17:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8940

Actions (login required)

View Item View Item