Aryani, Ni Made Rukni (2021) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN ABANG TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1411031027-COVER.pdf Download (774kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1411031027-ABSTRAK.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031027-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031027-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411031027-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031027-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031027-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1411031027-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas V gugus VI kecamatan Abang Tahun Ajaran 2019/2020 serta (2) untuk mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V gugus VI kecamatan Abang Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 16 orang. Data yang dikumpulkan meliputi data motivasi belajar matematika siswa yang didapatkan dari penyebaran kuesioner/angket yang terdiri dari 25 pernyataan, observasi, wawancara dengan guru dan siswa serta dokumentasi kegiatan di dalam kelas. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif yang dipaparkan dalam bentuk uraian singkat, persentase, diagram, dan bukti fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor ( X ) motivasi belajar kelas V SD Gugus VI kecamatan Abang yakni 58,06 dan berada pada interval rata-rata 30 X 60 yang artinya motivasi belajar siswa kelas V SD Gugus VI kecamatan Abang termasuk pada kategori rendah. Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya faktor kemampuan guru seperti metode dan media pembelajaran yang kurang bervariasi, cara guru menjelaskan terlalu cepat sehingga siswa sulit memahami pelajaran, faktor kemampuan siswa yang seharusnya ditunjukkan siswa dalam belajar hendaknya memperhatikan, namun yang terjadi siswa sebagian besar lebih sibuk dengan aktifitasnya sendiri dan teman-temannya, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan faktor keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | descriptive qualitative, mathematics, learning motivatio |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Rukni Aryani |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8978 |
Actions (login required)
View Item |