Axmalia, Linda (2021) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM DAN DAMPAKNYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071008-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071008-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071008-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah pretest posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Sukasada sebanyak 169 orang. Sampel penelitiannya adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji t dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi perubahan iklim dan dampaknya setelah diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning menggunakan analisis uji t diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,022 < 0,05 maka artinya H0 ditolak dan dengan otomatis Ha diterima. Kesimpulannya adalah ada perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakukan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning, sehingga model ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perubahan iklim dan dampaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided discovery learning, problem based learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Linda Axmalia |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8984 |
Actions (login required)
View Item |