PENGEMBANGAN E-MODUL AGAMA HINDU GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD N 5 KAMPUNG BARU

Putra, I Gede Widiartana (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL AGAMA HINDU GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD N 5 KAMPUNG BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021011-COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021011-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021011-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-Modul Agama Hindu (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan E-Modul Agama Hindu menurut para ahli dan uji coba produk, (3) mengetahui efektivitas E-Modul dalam mata pelajaran Agama Hindu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian (1) Rancang bangun E-Modul Agama Hindu dengan model ADDIE meliputi lima tahapan: (a) tahap analisis, (b) tahap perancangan, (c) tahap pengembangan, (d) tahap implementasi, dan (e) tahap evaluasi. (2) E-Modul Agama Hindu valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat sangat baik (91,66%), (b) hasil review ahli media pembelajaran E-Modul menunjukkan produk berpredikat baik (87,58%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat baik (87,05%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (95,4%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (91,41%). Hasil uji lapangan menunjukkan produk berpredikat sangat baik (91,37%). (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan bahwa E-Modul Agama Hindu yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Agama Hindu (thitung = 3,226 > ttabel = 2,042 pada taraf signifikansi 5%). Ini berarti bahwa E-Modul dalam mata pelajaran Agama Hindu terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, e-modul, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Gede Widiartana Putra
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:06
Last Modified: 28 Oct 2019 07:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item