Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Daring pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Tegaldlimo

Septia Ningrum, Dewi (2021) Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Daring pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041022-COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041022-ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041022-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBEHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041022-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Validitas modul praktikum sebagai bahan ajar biologi dan (2) kepraktisan modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subjek uji coba produk adalah X MIPA 3. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian validitas modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing dari ahli media mendapat presentase skor sebesar 78,13% dengan kriteria layak tetap ada revisi. Penilaian dari ahli materi mendapat penilaian dengan presentase skor sebesar 82,53% dengan kriteria sangat layak tetap dengan revisi, (2) Kepraktisan modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing mendapat presentase skor sebesar 86,34% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan dapat digunakan sebagai modul praktikum dalam pembelajaran praktikum biologi di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Kata Kunci: Modul praktikum, Inkuiri Terbimbing, Ekosistem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul praktikum, Inkuiri Terbimbing, Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: DEWI SEPTIA NINGRUM
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:23
Last Modified: 21 Oct 2021 05:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item