Utari, Gusti Apriani (2021) Pengembangan Buku Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711011027-COVER.pdf Download (618kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011027-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011027-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya ketersediaan buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus. Hasil observasi yang dilakukan di SLB Negeri 2 Buleleng ditemukan bahwa saat dalam melakukan layanan bimbingan dan konseling terlihat masih belum optimal dalam penanganan masalah-masalah siswa dimana terlihat adanya siswa yang kurang antusias pada saat ada jam BK dan partisipasi siswa juga masih rendah dan masih ada siswa merasa malu dan ragu untuk menceritakan permasalahan yang dialami. Terlihat metode atau layanan yang diberikan tidak sesuai karena kurangnya pemahaman dan juga referensi yang menjelaskan terkait bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling yang baik, sehingga peneliti tertarik untuk menggembangkan buku bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototype buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus dan mengetahui kelayakan dari buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis PAP. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian dari pengembangan buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus yaitu (1) prototype buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus berdasarkan model pengembangan 4D yang melalui 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, Disseminate (2) buku yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan: hasil review 5 judges yang terdiri dari 3 orang pakar yaitu dosen Universitas Pendidikan Ganesha dan 2 orang praktisi yaitu guru BK SLB Negeri 2 Buleleng. Berdasarkan review judges memperoleh skor 91,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, jadi dapat disimpulkan bahwa buku yang dikembangkan yaitu buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Buku, Bimbingan dan Konseling, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | GUSTI APRIANI UTARI |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9261 |
Actions (login required)
View Item |