Pengembangan Instrumen Asesmen Hambatan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Susut Kaja Tahun Pelajaran 2020/2021

Dewi, I Dewa Ayu Lania (2022) Pengembangan Instrumen Asesmen Hambatan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Susut Kaja Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061051-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061051-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan instrumen asesmen hambatan perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Susut Kaja tahun pelajaran 2020/2021 dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan menggunakan model RDR (Research, Development, Research). Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen asesmen hambatan perkembangan fisik motorik kasar anak yang dari kisi-kisi dan lembar kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 12 butir. Instrumen asesmen hambatan perkembangan fisik motorik kasar anak ini telah diuji oleh dua orang ahli dan dua orang praktisi untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen. Perhitungan validitas ini menunjukkan hasil sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen asesmen hambatan perkembangan fisik motorik kasar anak menunjukkan hasil sebesar 1,00 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel, sehingga instrumen asesmen hambatan perkembangan fisik motorik kasar anak layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen asesmen, perkembangan fisik motorik kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Lania Dewi
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:27
Last Modified: 28 Jan 2022 01:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9454

Actions (login required)

View Item View Item