PERBEDAAN GAYA BELAJAR SELAMA PERKULIAHAN DARING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN

Lestari, Made Widya (2022) PERBEDAAN GAYA BELAJAR SELAMA PERKULIAHAN DARING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1818011030-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1818011030-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1818011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1818011030-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1818011030-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1818011030-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
1818011030-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
1818011030-BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1818011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1818011030-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan mewabahnya Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menganjurkan untuk melaksanakan perkuliahan di masa pandemi Covid-19 secara daring atau dalam jaringan. Seiring berubahnya metode pembelajaran, gaya belajar selama perkuliahan daring juga perlu mengalami penyesuaian. Gaya belajar merupakan cara yang paling disukai dan dipercaya paling efektif serta efisien oleh mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga mahasiswa tersebut mampu untuk menyerap informasi yang disampaikan oleh dosen dengan baik. Hasil nilai yang diperoleh selama pembelajaran di setiap semester terangkum dalam indeks prestasi semester (IPS). Indeks prestasi (IP) mempunyai peran yang sangat penting karena merupakan salah satu indikator keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan perkuliahan. Berdasarkan hal tersebut, akan dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan gaya belajar selama perkuliahan daring terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Kedokteran. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain penelitian potong lintang. Sampel dalam penelitian ini yaitu 149 orang mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha dengan teknik pengumpulan data terdiri atas data primer dengan pemberian kuesioner dan data sekunder dengan melakukan pencatatan data nilai IPS saat perkuliahan daring pada pihak Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha. Data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 21. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa dari 149 sampel, diketahui gaya belajar terjamak mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha angkatan 2018, 2019 dan 2020 adalah gaya belajar multimodalitas dan tersedikit adalah gaya belajar unimodalitas (visual). Berdasarkan output one way ANOVA diketahui nilai sig. sebesar 0,868 yang menandakan tidak adanya perbedaan gaya belajar selama perkuliahan daring terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha angkatan 2018, 2019 dan 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, prestasi akademik, mahasiswa kedokteran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: Made Widya Lestari
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:44
Last Modified: 28 Jan 2022 07:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item