Ndoi, Maria Evanrista Roslovenia (2022) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI KOTA BONTANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714031021-COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714031021-ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714031021-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) menganalisa strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru di masa pandemic COVID19 pada mata pembelajaran geografi, (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID 19, dan (3)menganalisis efektivitas strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru di masa pandemi COVID 19 pada mata pembelajaran geografi. Populasi penelitian ini adalah guru geografi di Kota Bontang berjumlah 16 orang dan 6 orang digunakan sebagai sampel penelitian secara non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan populasi siswa berjumlah 525 siswa penentuan sampel menggunakan ‘proposional random sampling’ dengan mengambil 10% dari jumlah siswa, yaitu 53 siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif mempergunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) strategi yang dipergunakan guru yakni kooperatif, ekspositorik, inquiri, dan problem solving. Menilai bahwa strategi yang digunakan dalam pembelajaran sudah sesuai (79,17%) dengan tujuan, lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, maupun dengan sintak pembelajaran. 20,83% Guru yang menyatakan ketidaksesuaian strategi yang digunakan, terutama dengan sintak pembelajaran, (2) kendala yang dihadapi guru geografi (83,33%) saat pembelajaran daring adalah berasal dari siswa, yaitu jaringan, fasilitas, kompetensi dan evaluasi. 7,54 % siswa tidak memiliki smartphone yang berbasis android sehingga aksesnya menjadi terbatas dan tidak memiliki laptop untuk bisa melakukan pembelajaran daring dengan lebih baik(3) Efektivitas strategi pembelajaran daring yang diterapkan guru geografi di Kota Bontang pada masa pandemi COVID 19 untuk mata pembelajaran geografi tergolong efektif, yaitu mecapai 85,67%. Kata kunci: efektifitas,kendala,strategi pembelajaran,pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektifitas,kendala,strategi pembelajaran,pembelajaran daring |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | MARIA EVANRISTA ROSLOVENIA NDOI |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 11:33 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 11:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9527 |
Actions (login required)
View Item |