Murdiyono, Antoni (2022) PENGGUNAAN MEDIA LINE WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII B MTs N 2 BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011062-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011062-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011062-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII B MTs N 2 Buleleng dengan menggunakan media line webtoon, memudian mendeskripkan Langkah-langkah dalam penggunaan media line webtoon dan mendeskripsikan data hasil respons siswa terhadap penggunaan media line webtoon dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII B MTs N 2 Buleleng. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII B MTs N 2 Buleleng. Sedangkan objeknya adalah line webtoon sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, penugasan, dan metode kuesioner atau angket. Teknik analisis data meliputi deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.serta Teknik analaisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan line webtoon sebagai media pembelajaran menunjukkan peningkatan secara bertahap. Hal ini dilihat dari data hasil penugasan dan respons siswa pada siklus I. Skor rata-rata siswa sebelum penerapan media line webtoon adalah 52. Setelah penggunaan media line webtoon skor naik menjadi 60 dan respons siswa pada siklus I masih tergolong cukup positif. Namun, pada pelaksanaan siklus II, skor rata-rata siswa naik menjadi 70 dan respons siswa tergolong kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, line webtoon, keterampilan menulis, cerita fantasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Antoni Murdiyono |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 08:31 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 08:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9604 |
Actions (login required)
View Item |