PENGEMBANGAN INSTRUMEN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Azis, Dinah Maisarah (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061045-COVER.pdf

Download (719kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061045_ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061045-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini di TK Kecamatan Buleleng yang valid dan reliabel. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan (research and development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR yang meliputi 1. Research (studi pendahuluan), 2. Development (pengembangan), 3. Research (uji efektivitas produk). Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli dan 30 anak usia dini. Produk yang dihasilkan yaitu instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini di TK Kecamatan Buleleng dengan jumlah pernyataan 16 butir. Instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini di TK Kecamatan Buleleng telah diuji oleh 2 orang ahli dan 30 anak usia dini untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pernyataan yang valid sebanyak 16 butir dengan perhitungan validitas instrument karakter peduli lingkungan pada anak usia dini sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan (2) uji validitas butir dihasilkan 16 butir valid, (3) uji reliabilitas instrumen diperoleh 0,85 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrument yang dikembangkan tersebut teruji validitas dan reliabilitasnya. Sehingga instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini dapat digunakan sebagai alat untuk menilai karakter peduli lingkungan pada anak usia dini di TK. Kata Kunci : karakter peduli lingkungan, instrument.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter Peduli Lingkungan, Instrument.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: DINAH MAISARAH AZIS
Date Deposited: 20 Feb 2022 23:12
Last Modified: 20 Feb 2022 23:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9662

Actions (login required)

View Item View Item