Yanti, Ni Putu Dina (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA SMP KELAS VIII BERBASIS INKUIRI PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071035-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (13MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071035-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) karakteristik, (2) kevalidan, (3) kepraktisan, dan (4) keterbacaan modul elektronik IPA SMP kelas VIII berbasis inkuiri pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahat develop karena keterbatasan waktu penelitian. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul elektronik IPA yang diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu 2 orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, 5 orang guru IPA se-Kecamatan Penebel untuk uji kepraktisan, dan 10 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Penebel untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul elektronik IPA SMP kelas VIII berbasis inkuiri pada materi cahaya dan alat optik yaitu (1) Diawali dengan peta konsep dan kegiatan pembelajaran. (2) Dilengkapi dengan fitur tambahan ayo kita diskusikan, ayo kita pahami, info tokoh, sekilas info, ayo kita lakukan, dan fitur ayo berlatih. (3) Dilengkapi dengan kunci jawaban dan cara penilaian mandiri. (4) Dilengkapi dengan glosarium. (6) Dilengkapi dengan komik sederhana, animasi bergerak, link praktikum, serta video pembelajaran. (7) Modul elektronik ini berbentuk flipbook. Tingkat kevalidan modul elektronik IPA termasuk ke dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan modul elektronik memperoleh rata-rata sebesar 4,33 dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk keterbacaan modul elektronik IPA mendapat rata-rata sebesar 4,5 dengan kategori sangat terbaca/sangat jelas. Berdasarkan data hasil penelitian, modul elektronik IPA SMP kelas VIII berbasis inkuiri pada materi cahaya dan alat optik sudah layak untuk diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul elektronik, inkuiri, cahaya, alat optik |
Subjects: | L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | NI PUTU DINA YANTI |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:24 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9808 |
Actions (login required)
View Item |