Swandini, Ni Made Siska Ery (2022) Penggunaan Metode Mandiri dalam Pembelajaran Materi Teks Biografi Siswa Kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011020-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011020-ABSTRAK.pdf Download (548kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011020-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (527kB) |
|
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
1812011020-BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1812011020-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011020-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1812011020-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011020- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaranmateri teks biografi yang menggunakan metode mandiri di kelas XIPS 1 SMAN1 Kintamani, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam memahami materi teks biografi yang menggunakan metode mandiri di kelas X IPS 1 SMAN1Kintamani, (3) mendeskripsikan respons siswa selama menggunakan metodemandiri di kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani. Rancangan penelitian ini adalahmenggunakan penelitan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalahgurumata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS 1 SMA N1 Kintamani, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan metode mandiri dalampembelajaran teks biografi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metodeobservasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakandeskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaranmandiri yang dilakukan di kelas X IPS 1 berjalan dengan lancar sesuai denganRPP yang diterapkan, (2)Hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi teksbiografi menggunakan metode mandiri mencapai rata-rata 81,14, dan(3) Pembelajaran teks biografi menggunakan metode mandiri mendapat responspositif dari siswa. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yangdapat disampaikan yaitu: (1) bagi guru, penelitian ini diharapkan mampu memberikanpedoman tentang penggunaan metode mandiri dalam proses pembelajaran materi teks biografi, (2) bagi siswa, diharapkan mampu memanfaatkan metode mandiri secara optimal selama proses pembelajaran, dan (3) bagi peneliti lain, diharapkanmelakukan penelitian serupa namun dengan konsep yang berbeda sehingga, teori yang ditemukan semakin banyak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode mandiri, pembelajaran, teks biografi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Siska Ery Swandini |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 08:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 08:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12606 |
Actions (login required)
View Item |