Rina Ariani, Ni Komang (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS BERMUATAN TES UNTUK SISWA KELAS V SD GUGUS XIV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031391-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031391-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031391-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031391-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031391-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031391-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031391-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031391-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031391-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi materi, desain, media dan tes pilihan ganda pada video pembelajaran IPS bermuatan tes untuk siswa kelas V SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah development research dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memperoleh penilaian terhadap video pembelajaran yang dilakukan oleh pakar ahli isi materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain video pembelajaran, dan ahli evaluasi pembelajaran terhadap tes pilihan ganda tanpa melakukan uji coba lapangan dan hanya dilakukan penyebaran video kepada wali kelas. Hasil analisis Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa Kelas V SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng diperoleh hasil: validitas isi materi pembelajaran sebesar 1, validitas desain video pembelajaran sebesar 1, validitas media pembelajaran sebesar 1, dan validitas tes pilihan ganda sebesar 1, dengan perolehan uji validasi sebesar 1 artinya video pembelajaran memperoleh kategori sangat tinggi, serta memperoleh uji reliabilitas isi materi pelajaran 0,99, uji desain video pembelajaran 0,98, dan uji media pembelajaran sebesar 0,99 Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes Untuk Siswa Kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng dinyatakan valid dan reliabel. Saran untuk penelitian selanjutnya, pengembangan video pembelajaran ini agar dapat dijadikan bahan kajian dan bahan refrensi untuk diadakan penelitian lebih lanjut agar lebih baik dan memperoleh hasil yang lebih maksimal serta dapat menjadi informasi berharga bagi para peneliti lain dibidang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video, Bermuatan Tes, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Rina Ariani |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 22:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 22:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4292 |
Actions (login required)
View Item |