Wijaya, Luh Ade Intan Suciati (2022) ANALISIS KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII PADA MASA NEW NORMAL DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071005-COVER.pdf Download (398kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071005-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071005-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan analisis kesiapan belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VIII di masa new normal di SMP Negeri 4 Singaraja serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa kelas kelas VIII dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 138 siswa sebagai sumber data kesiapan belajar siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa yang ditinjau dari indikator kesiapan belajar yaitu kondisi fisik, kondisi mental, kondisi emosional, kondisi kebutuhan, kondisi motif, kondisi tujuan, dan kondisi pengetahuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, pemberian angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif interpretative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja secara umum adalah 52,87% siswa yang tergolong sangat baik, 26,41% siswa yang tergolong baik, 15,85% siswa yang tergolong cukup, 4,35% siswa yang tergolong kurang, dan 0,62% siswa yang tergolong sangat kurang. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja dalam mengikuti proses pembelajaran adalah minat, motivasi belajar siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Berdasarkan data hasil penelitian, kesiapan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja di masa new normal secara umum dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesiapan belajar, faktor kesiapan belajar, pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Luh Ade Intan Suciati Wijaya |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12125 |
Actions (login required)
View Item |