PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tresna Pradnya Yudana, I Ketut (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021024-ABSTRAK.pdf

Download (979kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021024-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh I Ketut Tresna Pradnya Yudana, NIM 1711021024 Program Studi Teknologi Pendidikan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran dan untuk mengetahui validitas video pembelajaran menurut para ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencacatan dokumen dan metode kuesuoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan media pembelajaran meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) video pembelajaran dinyatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (80 %), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,11%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,42%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (97,5%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,55%). Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar video pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran. Kata-kata kunci: video pembelajaran, model ADDIE, validitas media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, model ADDIE, validitas media
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I KETUT TRESNA PRADNYA YUDANA
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:50
Last Modified: 22 Feb 2022 03:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item