Saputra, Gusti (2021) PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO PEMBELAJARAN IPS BERWAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SD GUGUS VII KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1411031408-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1411031408-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031408-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031408-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411031408-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031408-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031408-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031408-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1411031408-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsaan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 103 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sumberkima sebanyak 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Sumberkima sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,158 dan ttabel = 2,003. Sedangkan perhitungan uji-t sikap patriotisme menunjukkan thitung = 9,574 dan ttabel = 2,003. Berdasarkan kriteria pengujian thitung (4,158) > ttabel (2,003), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen > rata-rata hasil belajar IPS kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsanaan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian portofolio, hasil belajar IPS, sikap patriotisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Made Rila Surya Adi Saputra |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 01:27 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10259 |
Actions (login required)
View Item |