PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO PEMBELAJARAN IPS BERWAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SD GUGUS VII KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Saputra, Gusti (2021) PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO PEMBELAJARAN IPS BERWAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP DI SD GUGUS VII KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1411031408-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1411031408-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031408-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031408-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411031408-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031408-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031408-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031408-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1411031408-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsaan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 103 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sumberkima sebanyak 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Sumberkima sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,158 dan ttabel = 2,003. Sedangkan perhitungan uji-t sikap patriotisme menunjukkan thitung = 9,574 dan ttabel = 2,003. Berdasarkan kriteria pengujian thitung (4,158) > ttabel (2,003), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen > rata-rata hasil belajar IPS kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsanaan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Gugus VII Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penilaian portofolio, hasil belajar IPS, sikap patriotisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Made Rila Surya Adi Saputra
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:27
Last Modified: 22 Feb 2022 01:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item